RSS Feed

Mengawasi Anak Saat Berenang

Mengawasi Anak Saat Berenang


Anak-anak pada umumnya sangat suka berenang. Kolam renang merupakan tempat yang paling baik bagi pemula yang ingin belajar renang.  Sebab, di tempat itu tidak ditemui elemen yang bisa membahayakan seperti lubang yang dalam, arus air yang deras, atau batu-batuan yang tajam. Meskipun demikian, orangtua harus tetap mengawasi anak saat berenang.

Alasan utama terjadinya kecelakaan di air adalah panik.  Situasi seperti ini pasti dialami siapa pun yang tidak menguasai ilmu renang atau kurang mengenal olahraga air. Menit-menit pertama menyadari kakinya tidak menyentuh permukaan, mereka langsung lupa bahwa tubuh manusia itu dapat mengambang dengan sendirinya di atas air dalam keadaan santai.

Mengawasi anak saat berenang sangat dianjurkan, terutama bila berenang di laut, sebab, orang yang pandai berenang dengan menguasai teknik renang yang benar sekalipunpun bisa saja tenggelam. di laut akibat adanya aliran deras atau gelombang besar. Selama mereka berenang di laut, jangan pernah melepas perhatian dari mereka. Lebih-lebih jika tidak mengenal suasananya, agar tidak terseret oleh gelombang atau arus deras, jangan biarkan mereka bermain hingga ke tangah laut.

Untuk mencegah anak lelah atau kram, pastikan mereka tidak mengalami dehidrasi dengan cara memberi minum air putih. Olesi tubuh mereka dengan tabir surya beberapa kali selama mereka berenang agar kulit tidak terbakar sinar matahari.

Berikut beberapa tips untuk orangtua saat mendampingi anak di kolam renang:

1. Bawalah ponsel sebagai tindakan berjaga-jaga jika terjadi sesuatu.

2. Periksa terlebih dahulu kondisi kolam sebelum berenang.

3. Pilihlah kolam renang yang dilengkapi fasilitas pengamanan, seperti penjaga, indikator kedalaman kolam dan pelampung.

4. Awasi anak sepanjang mereka berlatih renang.

5. Bagi yang tidak bisa berenang, gunakan jaket penyelamat saat mengawasi anak di kolam renang.

6. Minta anak untuk memberi tahu di mana, kapan, dan dengan siapa mereka  berenang.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: