RSS Feed

Kacamata Renang

Tips Memilih Kacamata Renang

 

Apa itu kacamata renang?

Tips memilih kacamata renangKacamata renang adalah salah satu peralatan renang yang penting selain pakaian renang dan topi renang, yang wajib digunakan oleh perenang, termasuk perenang pemula.  Kacamata renang digunakan untuk melindungi mata anda saat berenang. Air kolam banyak mengandung klorin yang tidak baik untuk mata. Kacamata renang juga dapat membantu meningkatkan posisi tubuh dan orientasi bawah air.
Bagaimana memilih kacamata renang yang baik?

Mengingat banyaknya fitur, desain dan harga kacamata renang yang tersedia di toko olahraga, memilih kacamata renang yang tepat dapat membuat anda bingung. Anda perlu mempertimbangkan banyak aspek seperti kenyamanan, kecocokan , perlindungan UV, warna lensa, dan apakah kacamata renang itu memiliki anti-kabut, anti gores. Berikut ulasannya:
Anti kabut (Anti-Fog Goggles)
Salah satu gangguan pada saat memakai kacamata renang adalah kecenderungan terbentuknya uap setelah berada dalam air yang menghalangi pandangan Anda di air. Carilah kacamata  renang yang memiliki anti kabut. Namun perlu diingat bahwa anti kabut akan semakin berkurang seiring waktu pemakaian kacamata renang.
Lensa Warna dan Perlindungan UV
Lensa berwarna tidak sekedar untuk bergaya, tapi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cahaya yang berbeda. Jadi di mana Anda akan berenang akan mempengaruhi lensa warna yang Anda pilih.
Secara umum lensa lebih gelap dimaksudkan untuk digunakan di luar di bawah sinar matahari, lensa yang kurang gelap dirancang untuk memaksimalkan jumlah cahaya yang tersedia maka lebih sesuai untuk digunakan dalam ruangan. Kacamata renang yang menawarkan perlindungan UV hanya menjadi pertimbangan jika Anda berniat menggunakan kacamata Anda dalam lingkungan matahari yang terik. .

Coba Sebelum Membeli

Cobalah kacamata renang sebelum membeli dengan pertimbangan sebagai berikut :
Pilih kacamata  renang yang sesuai dengan  bentuk wajah anda.  Wajah yang lebar dapat menggunaan kacamata renang yang lebih proporsional. Wajah yang mungil sebaiknya memilih kacamata yang lebih kecil.
Anda harus mencari kacamata renang yang sesuai dengan bentuk rongga mata Anda dan harus terpasang dengan nyaman di sekitar rongga mata.
Banyak kacamata renang memberikan  beberapa ukuran potongan pengait  hidung yang berbeda untuk disesuaikan dengan ukuran wajah. Meskipun demikian ada baiknya anda mencobanya terlebih dahulu.

Bagaimana cara menguji apakah sepasang kacamata benar-benar kedap air?

Metode standar untuk mengujinya adalah dengan cara menekan kacamata pada bagian atas mata Anda satu per satu dengan telapak tangan Anda, dan kemudian melepaskannya. Jika cup kacamata tetap di tempat setelah beberapa detik kemudian berarti mereka cenderung kedap air.

Namun, anda perlu waspada terhadap kacamata yang menghisap terlalu kuat sehingga tidak nyaman dan menyakitkan mata Anda. Ini dapat menyebabkan mata anda bengkak.

Selain itu pertimbangkan juga tali kacamata renang anda. Tali tunggal dapat menyebabkan ketidaknyamanan serius jika terus menerus menekan bagian belakang kepala Anda. Untuk mengurangi tekanan ini, banyak desain menawarkan tali kepala ganda.

Sudah siap anda berenang? Bergabunglah dengan klub renang yang anda percaya dan belajar gaya-gaya renang.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: